POKJALUH AGAMA HINDU

KELOMPOK KERJA PENYULUH (POKJALUH) AGAMA HINDU
KABUPATEN JEPARA
Sekretariat : Jl. Pemuda Ds.Plajan, Kecamatan Pakis Aji Jepara Kode Pos 59456
Email : taimus69@gmail.com

OM SWASTYASTU

SLAM KENAL
1. Latar Belakang

Penyuluh agama Hindu adalah seorang tokoh atau pemuka agama yang memiliki integritas terhadap pengabdian dirinya dalam menekuni bidang pelayanan, bimbingan dan penyuluhan agama terhadap umat Hindu. Sebagai seorang pembimbing dituntut untuk mampu memberikan pencerahan terhadap umat dari berbagai latar belakang dan kelompok usia. Disinilah penyuluh diharapkan menjadi “Jalmo Lipat Kurang Seprapat”(Bhs.Jawa) yaitu kesempurnaan dalam berbagai sisi. Kemudian berkaitan dengan orentasi bidang garapan seorang penyuluh agama berada dalam garda terdepan sekaligus sebagai ujung tombak dan corong dalam menyampaikan visi Misi serta sebagian tupoksi Kementerian Agama.
Kemudian disisi lain sebagai individu dan manusia biasa seorang penyuluh memiliki hak hak dasar yang membutuhkan pemenuhan juga. Seperti hak memperoleh kehidupan yang layak, pengakuan secara hukum dan lain sebagainya. Singkatnya seperti dalam konsep agama hindu, bahwa dharma tercapai tanpa harus kehilangan Artha dan Kama. Hak – hak penyuluh sebagai mana tertuang dalam surat keputusan menteri Agama Republik Indonesia Nomor 150 Tahun 2011, tanggal 5 september 2011, yaitu hak memperoleh Honor dan transportasi.
Kelompok kerja penyuluh (Pokjaluh) agama Hindu Kabupaten jepara yang semua anggotanya notabene penyuluh Non PNS memiliki Peran yang sangat strategi dalam rangka memberikan pencerahan, membangun mental, moral dan meningkatkan sradha dan bakti umat hindu. Profesional sebagaimana dimaksud tercermin dalam mempersiapkan diri sebelum melakukan penyuluhan, seperti
a. Melakukan Perencanaan.
b. Pelaksanaan
c. Evaluasi
d. Perbaikan
e. Dll
Namun yang menjadi penghambat dalam sikap profesional tersebut adalah kurangnya media penunjang penyuluhan, sumber- sumber dan refrensi, pendidikan dan pelatihan serta kondisi umat yang tersebar secara sporadis serta geografi medan penyuluhan .Maka dari itu kelompok kerja penyuluh (Pokjaluh) agama Hindu Kabupaten jepara melalui program kerja yang telah tersusun memiliki harapan agar kedepan semua kendala tersebut dapat tertanggulangi .

2. Dasar hukum
a. Surat Keputusan Menteri Nomor 791 Tahun 1985
b. Surat keputusan menteri Agama Republik Indonesia Nomor 150 Tahun 2011, tanggal 5 september 2011
c. Surat Keputusan Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Jepara Nomor : KEP-02/PHDI – JPR/ X/ 2013 Tanggal 29 Oktober 2013.
d. Program kerja Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Hindu kabupaten Jepara Tahun 2014
3. Tujuan
Melalui Pengajuan Proposal bantuan Dana kepada Bapak Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama republik Indonesia, bertujuan untuk :
a) Meningkatkan Kualitas dan kemampuan semua anggota Penyuluh Agama Hindu Kabupaten Jepara.
b) Terwujudnya keseimbangan antara Hak dan kewajiban.
c) Terwujudnya penyuluhan yang Profesional.
d) Tersedianya daya Dukung dan sarana penunjang Penyuluhan.

4. Manfaat
Sedangkan manfaat yang akan di peroleh dari kegiatan ini adalah :
a. Meningkatnya kualitas individu setiap Penyuluh.
b. Memiliki Kemapuan dalam penguasaan Ilmu pengetahuan dan Teknologi.
c. Meningkatnya antusiasisme Audien. (umat)

5. Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah :
– Peningkatan kualitas diri dan sikap profesional dalam penyuluhan yang mampu membangkitkan gairah umat dalam mempelajari serta mengimplementasikan ajaran weda dalam kehidupan sehari- hari.
6. Waktu
1 Januari 2014 sampai dengan 31 Desember 2019.

7. Faktor Penghambat.
1. Penyebaran Umat yang sporadis serta kondisi geografis umat Hindu Kabupaten Jepara.
2. Tingkat Pendidikan Yang relatif rendah
3. Tidak tersedianya Media Penunjang penyuluhan
4. Latar Belakang Sosial Ekonomi, Budaya adat dan Tradisi.

8. Faktor Pendukung
a. Kemauan yang sangat kuat untuk berkembang di semua level umat Hindu
b. Team Work Penyuluh yang kuat dan kompak.
c. Tingginya penghargaan umat terhadap penyuluh

10. Penutup
Demikian Proposal ini kami susun dan kami ajukan dengan harapan ada perhatian dan kepedulian dari Bapak/Ibu Pemangku Jabatan.
Akhirnya atas perhatian dan bantuannya kami menyampaikan banyak terima kasih teriring permohonan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Semoga subha Karma selalu menyertai niat yang suci dan tindakan yang Tulus

OM SHANTI SHANTI SHANTI OM